Clock

DAFTAR ISI

Entri Populer

Komentar Postingan

SP3 KAB BEKASI

Diberdayakan oleh Blogger.

PROFIL KESEHATAN PUSKESMAS TAMBUN

Diposting oleh PUSKESMAS TAMBUN Senin, 10 Mei 2010

Perkembangan dan perubahan yang cepat dalam segala hal juga terjadi di dunia pelayanan kesehatan. Hal ini semata-mata karena sektor pelayanan kesehatan merupakan bagian dari sistem yang lebih luas dalam masyarakat dan pemerintahan dalam suatu negara, bahkan lebih jauh lagi sistem yang lebih global. Masyarakat-pun mengharapkan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi (telematika) di Indonesia menjadi lebih terarah dan terintegrasi serta tidak tumpang tindih pengembangannya mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun pemerintah pusat. Pemerintah telah mengeluarkan Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government (e-Government Development Framework) melalui INPRES No. 3 Tahun 2003 yang merupakan payung bagi seluruh kebijakan detail teknis di bidang e-Government (Depkominfo, 2003).

Pengendalian sistem kesehatan bertujuan untuk memantau dan menilai keberhasilan penyelenggaraan secara berjenjang dan berkelanjutan, perlu pula digunakan tolok ukur atau indikator pembangunan kesehatan baik tingkat nasional maupun tingkat daerah. Sehubungan dengan hal ini maka perlu dikembangkan sistem informasi kesehatan nasional dan kesehatan daerah yang terpadu dan mampu menghasilkan data/informasi yang akurat, tepat waktu dan lengkap, sehingga mampu menjadi bagian utama dari pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Departemen Kesehatan telah menetapkan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) sebagai salah satu dari empat strategi utama dalam mendukung pencapaian masyarakat Indonesia yang sehat dan mandiri.

Kegiatan Pencatatan, Pelaporan Puskesmas merupakan salah satu penunjang bagi terlaksananya Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, melalui penerapan teknologi informasi yang efektif dan efisien sehingga data-data yang ada di Puskesmas dapat diolah, dianalisis dan disajikan terutama dalam pemanfaatannya secara tepat guna dalam penyusunan rencana program kesehatan.

Profil Puskesmas sebagai salah satu keluaran dari SIK dapat dijadikan sebagai salah satu sumber informasi dari perkembangan pembangunan kesehatan yang terus disempurnakan dari waktu ke waktu. Pengumpulan dan analisa data pada penyajian Profil Puskesmas Tambun tahun 2009 ini berdasar pada kebutuhan evaluasi pelaksanaan dan strategi untuk menunjang pencapaian visi dan misi Puskesmas Tambun dalam mendukung tercapainya Indonesia Sehat Tahun 2010.

Adapun Visi dan Misi Puskesmas Tambun adalah :
 
VISI : “ SEHAT ITU INDAH “

MISI :
  1. Melaksanakan Kegiatan Manajemen Puskesmas dan Program yang searah dengan Visi Misi Dinas Kesehatan Kabupaten.
  2. Melaksanakan Kegiatan program Puskesmas dengan Prinsip Transparansi dan akuntable. 
  3. Menerapkan sendi-sendi pelayanan prima dalam memberikan pelayanan kepada masarakat. 
  4. Menerapkan sistem manajemen Puskesmas dengan Prinsip Manajemen Islami. 
  5. Bekerja sama dengan Lintas Sektor dalam rangka meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat di Wilayah Kecamatan Tambun Selatan. 
  6. Menerapkan Standar Pelayanan Minimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masarakat sesuai dengan prinsip pelayanan Puskesmas yang melakukan pelayanan Preventif, Promotif, Kuratif, Rehabilitatif. 
  7. Memberdayakan masarakat wilayah kerja puskesmas terutama dalam hal kegiatan Preventif. 
  8. Membina kerjasama dalam organisasi Puskesmas dengan dilandasi prinsip kekeluargaan.
Data/informasi yang digunakan dalam penyusunan Profil Puskesmas Tambun Tahun 2009 ini merupakan hasil kegiatan program kesehatan yang dilakukan sejak bulan Januari sampai dengan bulan Desember tahun 2009 yang bersumber dari SP3, pencatatan pelaporan program, Kantor Kecamatan, Kantor Desa, PPLKB Kecamatan dan instansi lain yang terkait. Dan sebagai indikator keberhasilan pelayanan digunakan nilai dalam Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Kabupaten Bekasi.

ANALISA SITUASI
 
A. Situasi Geografis

1. Luas Wilayah dan Batas-batas 
    Luas wilayah kerja Puskesmas Tambun adalah 7 km2. Desa wilayah kerja yang paling luas adalah    Desa Tambun 2.97 km2 atau 42.4 % dari luas seluruhnya dan desa wilayah kerja paling kecil adalah Desa Setia Darma 1.61 km2 atau 23 % dari luas seluruhnya.

Batas-batas dari wilayah kerja Puskesmas Tambun adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara : Desa Mekar Sari
Sebelah Selatan : Kecamatan Setu I
Sebelah Barat : Desa Jati Mulya
Sebelah Timur : Desa Wanasari

2. Wilayah Administrasi 
    Secara administratif Puskesmas Tambun termasuk kedalam wilayah Kecamatan Tambun Selatan, jumlah desa wilayah kerja Puskesmas Tambun adalah 3 desa meliputi 93 RT dan 22 RW. Ketiga desa tersebut adalah :
a. Desa Lambang Jaya
b. Desa Tambun
c. Desa Setia Darma
Jarak terjauh ke Puskesmas yaitu 8 km dan jarak terdekat yaitu 2 km dengan waktu tempuh terlama adalah 30 menit dan waktu tempuh tercepat 10 menit dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Tambun relatif terjangkau.

B. Situasi Demografis
    Penduduk sebagai sumber daya manusia merupakan potensi daerah yang paling penting. Tentu saja hal ini perlu didukung dengan kualitas yang memadai. Secara kuantitatif, jumlah penduduk di wilayah kerja Puskesmas Tambun pada tahun 2009 adalah 40.986 jiwa terdiri dari laki-laki 21.727 jiwa dan perempuan 19.259 jiwa, dengan kepadatan penduduk 5740 jiwa per km2.

Tingkat kepadatan penduduk tertinggi yaitu di Desa Setia Darma dengan rata-rata 8861 jiwa/km2, sedangkan Desa Lambang Jaya merupakan desa terendah kepadatannya yaitu 1982 jiwa / km2. Meskipun tingkat kepadatan penduduk mempunyai perbedaan tinggi, tetapi tingkat kepadatan hunian rumah pada tiap desa hampir merata sebanyak 4,8 jiwa / rumah tangga.

0 komentar

Posting Komentar

PUSKESMAS TAMBUN

Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Desa Setia Darma Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi 17510

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman

OBROLAN


ShoutMix chat widget

Kompas Online