Clock

DAFTAR ISI

Entri Populer

Komentar Postingan

SP3 KAB BEKASI

Tips, Triks dan Tutorial
Diberdayakan oleh Blogger.

Cacing......, Oh Cacing........

Diposting oleh PUSKESMAS TAMBUN Rabu, 25 Agustus 2010

Ternyata mikrofilaria juga suka dugem



Parasit filaria hidup dalam pembuluh limfa dan kelenjar limfa. Karena menutupi pembuluh limfa, cairan dari bagian bawah tubuh tidak dapat mengalir, dan akibatnya terjadi pembengkakan.

“ kalau sumbatan pada kelenjar di selangkangan bagian kaki akan bengkak. Kalau sumbatan di sekitar ketiak, aliran limfa disekitar tangan akan akan tersumbat, jadi tangan akan membesar,” papar Prof. Saleha Sungkar, MD, DAP&E, MS dari Parasitologi FKUI. Filariasis juga bisa menyerang payudara dan alat genital.

Filaria yang ada di pembuluh darah akan mengeluarkan anak ( mikrofilaria ). Inilah yang akan menyerang ke orang lain lewat gigitan nyamuk, “ tambahnya.

Siklus penularan terjadi jika pasien masih mengandung mikrofilaria digigit nyamuk, maka mikrofilaria akan masuk ke tubuh nyamuk, yang kemudian berkembang menjadi bentuk larva infektif dalam waktu 10-14 hari. Nyamuk jenis apa saja ? yaitu jenis culex, Anopheles, Ades aegypti, dan lainnya bisa menjadi perantara penularan.

Jika nyamuk yang mengandung larva infektif ini mengigit seseorang, larva akan berkembang secara perlahan di dalam tubuh orang tersebut lalu mengeluarkan mikrofilaria.

“ yang belum lama terinfeksi inilah yang berpotensi menularkan ke orang lain lagi,” katanya.

Uniknya mikrofilaria ini suka “ Dugem “ alias keluar hanya pada malam hari, yaitu sesudah magrib sampai subuh. “ mendeteksi mikrofilaria ini memang agak sulit karena tidak semua penduduk yang mau di periksa pada malam hari. Karena itu, jika telah ditemukan endemi 1 persen, lebih efektif dilakukan pengobatan massal. Langkah ini lebih mudah untuk memutuskan mata rantai penularan dari pada harus memberantas nyamuk yang mungkin jumlahnya bisa triliunan,” tutur Prof. Saleha.

Selain itu, dikenal pula stadium amikrofilaria, yakni ada mikrofilaria tapi tidak ketemu waktu diperiksa darahnya.

Tentang efek samping pengobatan mikrofilaria seperti mual, muntah menurutnya, akan hilang selama 3 hari. “ lebih baik “ kan merasa tidak nyaman selama tiga hari tapi bebas dari mikrofilaria dari pada cacat seumur hidup akibat filariasis, “ ujarnya.

So……….bagaimana pendapat anda ?

0 komentar

Posting Komentar

PUSKESMAS TAMBUN

Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Desa Setia Darma Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi 17510

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman

OBROLAN


ShoutMix chat widget

Kompas Online

Tips, Triks dan Tutorial