Clock

DAFTAR ISI

Entri Populer

Komentar Postingan

SP3 KAB BEKASI

Tips, Triks dan Tutorial
Diberdayakan oleh Blogger.

Sirsak Sang ‘Pembunuh’ Kanker

Diposting oleh PUSKESMAS TAMBUN Senin, 07 Maret 2011


Bagian tanaman mulai bunga, daun, buah, biji, kulit dan akar dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional. Pada awal 1990-an, ditemukan 34 senyawa Cytotoxic, pada daun sirsak yang mampu menghambat hingga membunuh sel-sel tubuh yang mengalami pertumbuhan tidak normal (sel kanker). Senyawa ini memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan pengobatan kanker saat ini, antara lain : membunuh kanker secara efektif dan aman, tanpa menyebabkan rasa mual dan muntah, kehilangan berat badan maupun kerontokan rambut dalam jumlah besar.

Pada daun sirsak diketahui mengandung zat annonaceous acetogenins yang mampu 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat adriamycin, yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Zat acetogenins dapat membunuh aneka jenis kanker seperti kanker usus, prostat, paru-paru, payudara dan pankreas tanpa merusak atau mengganggu sel-sel tubuh yang sehat. Hal ini telah diteliti di Laboratorium Health Sciences Institute, Amerika Serikat di bawah pengawasan the National Cancer Institute, Amerika Serikat.

Cara Pengolahan :
Pada pengobatan kanker, daun sirsak (10 – 15 lembar) direbus dengan 3 gelas air (600 cc) hingga tersisa 1 gelas air rebusan. Pada saat merebus sebaiknya menggunakan kendi atau panci yang terbuat dari tanah liat agar kemurnian zat yang ada pada daun sirsak tetap terjaga. Air rebusan diminum selagi hangat setiap hari, pagi atau sore hari selama 3 – 4 minggu. Perlu diperhatikan pengambilan daun sirsak sebaiknya dimulai dari daun ke-4 atau ke-5 dari ujung pucuk. Hal ini dikarenakan pada daun yang terlalu muda, senyawa belum banyak terbentuk. Sementara pada daun yang tua sudah mulai rusak sehingga kadarnya berkurang.

Buah sirsak yang matang selain rasanya yang manis-segar ternyata juga menyehatkan. Mengkonsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 % kebutuhan serat pangan per hari. Kandungan vitamin C buah sirsak yang tinggi merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Manfaat lainnya dapat mengobati batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan. Di berbagai negara seperti di Peru, buah digunakan untuk mengobati kencing manis, di Haiti untuk mengobati demam.

http://www.mekarsari.com/index.php?option=com_content&view=article&id=152:soursop-for-cancers&catid=43:fruit-information&Itemid=72&lang=in

0 komentar

Posting Komentar

PUSKESMAS TAMBUN

Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Desa Setia Darma Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi 17510

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman

OBROLAN


ShoutMix chat widget

Kompas Online

Tips, Triks dan Tutorial