Clock

DAFTAR ISI

Entri Populer

Komentar Postingan

SP3 KAB BEKASI

Tips, Triks dan Tutorial
Diberdayakan oleh Blogger.

PUASA ITU SEHAT

Diposting oleh PUSKESMAS TAMBUN Jumat, 05 Agustus 2011

Manfaat puasa bagi kesehatan dibahas dengan gamblang dengan data-data pendukung berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan baik oleh lembaga penelitian maupun lembaga kesehatan dari seluruh dunia. Beberapa manfaat puasa terhadap kesehatan jasmani yang tertera antara lain: memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan; membebaskan tubuh dari racun,kotoran dan ampas; membuat kulit lebih sehat dan berseri; memblokir makanan untuk bakteri, virus dan sel kanker; menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh; meningkatkan daya serap makanan; menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh; memperbaiki fungsi hormon; meningkatkan fungsi organ reproduksi; meremajakan sel-sel tubuh; meningkatkan fungsi organ tubuh; meningkatkan fungsi susunan saraf pusat, dsb.
Selain itu puasa pun ternyata dapat membantu penyembuhan beberapa penyakit, seperti: pengerasan pembuluh darah; penyempitan pembuluh darah; tekanan darah tinggi; kanker hati; kanker lambung; diabetes; hepatitis; pendarahan otak; epilepsi; sukar tidur; intelegensi berkurang; radang tenggorokan; radang hisung; radang amandel; radang kandung kemih; radang usus kronis; radang lambung kronis; radang persendian; tukak usus; tukak lambung; TBC; brochitis kronis; asma; flu; ginjal, dan masih banyak penyakit lainnya.

Tetapi ada juga beberapa penyakit yang tidak bisa diatasi dengan puasa, seperti: penyakit jiwa yang parah; diabetes yang telah diberi injeksi insulin lebih dari 5 tahun; kelainan pada katup jantung; kanker stadium lanjut; TBC tahap II dan III; pendarahan usus hingga tinja berwarna hitam; pendarahan maag karena tukak lambung; radang usus buntu yang memerlukan tindakan bedah; penyakit lanjut usia, dsb.

Menariknya buku ini pun dilengkapi dengan resep makanan dan minuman sehat untuk sahur dan berbuka puasa. Kalau menu masakan sih banyak buku lainnya yang membahas. Bedanya pada buku ini, setiap menu masakan selalu dilengkapi dengan pembahasan khusus cara mengolah menu tersebut untuk berbagai penyakit (bukan Hembing namanya kalau dia tidak jago meramu tumbuhan, bukan?). Misal cara mengolah kangkung untuk mengatasi berbagai penyakit: diabetes, keputihan, sakit gusi, wasir dan sembelit. Atau cara mengolah wortel untuk mengatasi berbagai penyakit: kanker, tekanan darah tinggi, menurunkan kolesterol, mencegah hepatitis, campak, luka bakar, cacar, beri-beri , masukangin, dan demam pada anak-anak.

Nah, tunggu apalagi. Sebaiknya segeralah baca buku ini. Dan temukan fakta-fakta penting lainnya yang berhubungan dengan puasa. Setidaknya Anda akan semakin yakin bahwa puasa memang bermanfaat luar biasa bagi diri kita. Selamat menunaikan ibadah puasa!


Sumber:
Buku ditulis oleh seorang pakar kesehatan/pengobatan alami, Prof. H.M.Hembing Wijayakusuma, diterbitkan oleh Gramedia, tahun 1997 (cetakan pertama)

0 komentar

Posting Komentar

PUSKESMAS TAMBUN

Jl. Sultan Hasanudin No. 5 Desa Setia Darma Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi 17510

Print This Page

Pengunjung Blog

Tayangan Laman

OBROLAN


ShoutMix chat widget

Kompas Online

Tips, Triks dan Tutorial